25 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

25 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai


Bali merupakan sebuah Pulau yang memiliki keindahan pegunungan berapi yang hijau dengan persawahan terasiring, kebudayaan yang unik dan banyak tempat religi, seperti Pura Lempuyang, Pura Besakih, Pura Ulun Danu dan lainnya.  Untuk keliling ke semua penjuru Bali, dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik, rasa-rasanya kita ngak bakal cukup waktunya jika hanya beberapa hari di Bali, karena begitu banyaknya tempat wisata alam dan keindahan di Bali yang menarik minat pengunjung baik dalam negeri dan luar negeri. Meskipun Bali sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, namun anda harus mencoba mengunjungi banyak tempat wisata menarik di Bali, selain pantai. berikut kami merangkum beberapa tempat Wisata yang ada di Bali (selain pantai ) :

1. Danau Beratan Bedugul

Wisata di Bali selain pantai selanjutnya, adalah Danau Berata Bedugul. Lokasi Danau bedugul ini terletak di daerah pegunungan yang udara sejuk dan dikelilingi alam yang sanggat asri. Di Danau Bedugul ini terdapat Pura yang terkenal di Bali, yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu adalah magnet wisata baik wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri, spot foto yang bagus dan udara yang sejuk. Di sini juga wisatawan bisa menyewa perahu yang disediakan panitia.
Lokasi Danau Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan, Kecamatan Baturiti. Untuk mencapai ke Bedugul wisatawan bisa menggunakan kendaraan motor ataupun mobil dengan jarak kurang lebih 50 km dari Kota Denpasar.
Pura Ulun Danu via Baliglory.com
  • Peta Lokasi Wisata Bali Danau Beratan Bedugul bisa klik link berikut : https://goo.gl/maps/XKyGZeW7o5C2
  • Jam Buka : 07:00 sd 19:00 WITA
  • Tiket Masuk Pura Ulun Danu : Dewasa : Rp 20.000, Anak-anak : Rp 15.000. Parkir motor : Rp 2.000, Parkir mobil : Rp 5.000. Parkir bus : Rp 10.000

2. Tirta Gangga

Tirta Gangga merupakan salah satu tempat wisata budaya di Bali, yang merupakan warisan kerajaan pada tempo dulu. Kolam batu yang indah, dengan berisi ikan mas dan dikelilingi oleh air pancur membuat anda serasa kembali ke zaman kerajaan yang sedang di istana tempat pemandian sang permaisuri. Tirta Gangga ini terletak di Amlapura, Kabupaten Karangasem Bali. 
Tirta Gangga via bali-indonesia.com

3. Pura Lempuyang Luhur

Selain Tirta Gangga, di Amlapura juga terdapat Pura yang sangat terkenal dengan background Gunung Agung, Bali, bahkan Pura ini sangat terkenal bagi wisatawan mancanegara. Keindahan Pura ini dapat dijadikan latar belakang foto, dimana di belakangnya terlihat indahnya puncak gunung Agung, apalagi pada saat pagi atau sore hari Nampak bagus banget, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di bali yang instagramable. Berikut di bawah ini gambar Pura Lempuyang yang sering dijuluki dengan “Gate of Heaven” atau Pintu surga. Parkir untuk pengunjung Pura Lempuyang, terdapat di 2 tempat. Yang pertama adalah parkir bawah untuk wisatawan pengendara mobil, kemudian wisatawan akan diantar dengan menggunakan mobil pickup yang sudah disediakan oleh pihak panitia, dan yang khusus pengendara motor bisa langsung ke atas dekat Pura Lempuyang. Sebelum masuk ke area Pura, pengunjung akan menyewa sarung sebesar Rp 10.000 dan memberikan sumbangan seiklhklasnya kepada pihak panitia.
Pura Lempuyang dengan background Gunung via motormaticbali.com

4. Taman Safari Bali

Taman Safari Bali, merupakan tempat wisata yang menampilkan hewan seperti di Taman Safari lainnya di Indonesia, namun bedanya di Bali temanya berbeda dengan dibikin “Bali” banget dengan ukiran dan arca di dalamnya. Taman Safari Bali ini terletak di Jln. By Pass Prof.Dr.Ida Bagus Mantra Bali. Oya, hewan yang ada di Taman Safari ini langsung didatangkan dari Afrika, India dan tentunya juga satwa endemic dari Indonesia sendiri.
Bali Safari Marine Park
  • Location : https://goo.gl/maps/gBK7dyCBapw
  • Jam Buka : Paket Safari Explorer & Legend buka mulai jam 09.00 sd 17.00 WITA. Sedangkan Paket Night Safari buka pada pukul 17.30 WITA (Untuk Aktifitas Night Safari jam 18.00 sampai dengan jam 21.00 WITA)
  • Tiket Masuk : Dewasa : Rp 150.000/orang, dan Rp 75.000 untuk anak-anak umur 2-12 tahun

5. Tegalalang Rice

Tegalalang rice merupakan salah satu warisan budaya yang diakui oleh UNESCO. Tempat wisata ini, terletak di Ubud di Desa Tegalalang. Waktu yang tepat untuk ke Tegalalang Rice ini adalah pada saat pagi hari, mantap betull (mantul) menikmati sunrise di area hijau persawahan yang berbukit-bukit ini, dengan system pengairan terasiring. Serasa sejuk dan adem menikmati pagi hari di Tegalalang Rice, sembari menyaksikan petani yang sedang menanam padi, bila pada saat musim tanam. Untuk masuk ke area persawahan Tegalalang rice ini cukup membayar Rp10.000/orang dan Rp 5000 untuk parkir mobil.
Petani di Tegalalang Rice via lillagreen.at

6. Taman Nasional Barat

Di Ujung Barat Pulau Jawa terdapat Taman Nasional Ujung Kulon, dan begitu juga di timur Pulau Jawa juga terdapat Taman Nasional Baluran. Dan Kalau Anda ke Bali via darat, kemudian menyebrang menggunakan kapal fery di selat Bali, maka akan keliatan Taman Nasional Bali Barat. Taman Nasional Bali Barat merupakan kepingan di barat Pulau Bali, yang memiliki luas 77.000 Ha, dengan banyak terdapat jenis fauna dan flora, begitu juga dengan laut dan perairan membentuk sebuah ekosistem yang menarik untuk dikunjungi.
Taman Nasional Bali Barat via objekwisatadibali.com
  • Location : https://goo.gl/maps/eizne2Vpumn
  • Jam Buka : 08:00 sd 18:00 WITA
  • Tiket Masuk :  belum pernah ke sini, jadi saat ini belum tau harga tiket masuknya. Bila Ada yang tau bisa tolong comment di bawah ya guys 😉

7. Wisata Tari Kecak Uluwatu

Ketika Anda mengunjungi Uluwatu, jangan lupa untuk menyaksikan Pertunjukan Tari Kecak Uluwatu. Tari kecak ini merupakan tari khas Bali dengan panorama matahari tenggelam yang dimulai pada saat sore hari. 
Sore hari menikmati pertunjukan Tari Kecak via kintamani.id
Tari Kecak Uluwatu ini sangat populer, bahkan untuk wisatawan manca negara. Disarankan untuk memesan seat terlebih dahulu untuk menyaksikan Tari Kecak di Uluwatu ini.

8. Arum Jeram Sungai Telaga Waja

Wisata Arum Jeram Sungai Telaga Waja ini, sayang untuk dilewatkan ketika anda menyukai tantangan yang memacu andrenalin. Yang menarik di arum jeram Telaga Waja, adalah ketika di perjalanan akhirnya akan meloncati sebuah pintu air, dan itu sangat seru.
Rafting di Sungai Telaga Waja via balitoursclub.com
Lokasi Tempat Wisata ini terletak di Seberang SPBU Politeknik Negeri Bali, Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran, Kuta Selatan atau bisa klik link di bawah ini :

9. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

GWK Cultural Park merupakan salah satu magnet wisata di Bali, saat ini. Anda dapat mengetahui kebudayaan Bali lebih dalam di sini. Di kawasan area taman Budaya ini, terdapat sebuah Patung tertinggi yaitu Garuda Wisnu Kencana yang memiliki ketinggian 121 meter dengan lebar patung 65 meter. Jika kita bandingkan dengan Patung Liberty yang ada di Amerika, yang memiliki ketinggian hanya 93 meter, maka Patung GWK ini lebih tinggi 28 m. Selain itu juga menampilkan Taman Megah Pilar-Pilar dari batu kapur kolosal dengan pertunjukan tari dan konser secara regular.
Patung Garuda Wisnu Kencana via nativeindonesia.com
Lokasi GWK Cultural Park terletak di Tanjung Nusa Dua, yang berjarak kurang lebih 40 km dari Pusat Kota Bali, di Denpasar. 
  • Location : https://goo.gl/maps/uLrBRvdRnBK2
  • Jam Buka : 08:00 sd 22:00 WITA
  • Tiket Masuk : Senin - Jumat, Rp 80.000 / orang untuk Dewasa dan Rp 70.000/orang untuk anak-anak. Pada weekend Rp 90.000/orang untuk dewasa dan Rp 80.000/orang untuk anak-anak. Sedangkan khusus anak dibawah umur 4 tahun gratiss.

10. Pura Besakih

Bila Anda mengunjungi Kabupaten Karangasem Bali, di sini terdapat beberapa Pura yang terkenal, selain Pura Lempuyang juga sayang untuk dilewatkan yaitu : Pura Besakih. Pura Besakih ini terletak di sebuah Desa di kaki Gunung Agung, yang bernama Desa Besakih. Komplek Pura Besakih ini terdiri dari 1 buah Pura Pusat dan juga memiliki 18 Pura Pendamping. Begitu indahnya Pura Besakih ini dengan Latar Belakang Background Gunung yang megah.
Pura Besakih via bali.com
Yang menarik adalah Pura Besakih ini merupakan pusat dari seluruh kegiatan Pura yang ada di Bali. Area inilah yang pertama kali menjadi tempat diterimahnya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendeya, yaitu Cikal Bakal Agama Hindu Dharma yang ada di Bali, dan menjadi pusatnya.
Lokasi Peta Pura Besakih :  https://goo.gl/maps/gA23hwpuRfK2

11. Ice Cream World

Untuk anda yang menyukai ice cream, tempat ini sangat recommended, yang awalnya di cap sebagai plagiarisme dari sebuah museum ice cream di Los Angeles, Amerika Serikat namun nyatanya tempat ice cream yang satu mendapatkan pengunjung yang ramai dan juga para pemburu foto-foto.
Ice Cream World via instagram 
Selain mencicipi es cream, di sini juga tempat yang bagus untuk mengambil foto apalagi untuk para intagramable, ruangannya yang memiliki warna ceria dan dengan tema yang lucu. Lokasi ice cream world ini di Jalan By Pass Ngurah Rai No, 4 Kota Denpasar, Bali.
  • Location : https://goo.gl/maps/d8tBy9BvZEq
  • Jam Buka : jam 10:00 sd 21:00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp 100.000/orang untuk dewasa dan Rp 50.000/orang untuk anak-anak.

12. Danau Batur Kintamani

Selain Danau Bedoegul, ada satu lagi Danau menarik untuk dikunjungi di Bali, yaitu Danau Batur Kintamani yang memberikan pemandangan yang indah akan membuat anda terpesona dan juga memiliki hawa udara yang sejuk, karena lokasinya yang terletak di Gunung tertinggi ke-2 di Bali. Danau Batur Kintamani ini merupakan Danau yang terbesar di Pulau Bali dengan pesona alam yang mempesona.
Danau Batur via tripadvisor.co.id

13. Sangeh Monkey Forest

Wisata Sangeh ini terletak di Desa Sangeh, Kabupaten Badung, Bali. Di tempat wisata ini banyak terdapat monyet-monyet atau beruk yang berkeliaran bebas di hutan, monyet-monyet di sini emang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Konon katanya, Monyet di are ini memiliki seorang Raja dan punya 3 wilayah kerajaan.
Sangeh Monkey Forest via indonesia-tourism.com
Di dalam kawasan Hutan Sangeh ini, terdapat sebuah Pura yang merupakan pengginalan Kerajaan Mengwi pada zaman dahalu, dan sekarang diserahkan kepada penduduk setempat. Pura itu bernama Pura Bukit Sari.

14. Pasar Seni Sukawati

Ketika mengunjungi Bali, hal yang menjadi perioritas selanjutnya adalah membeli oleh-oleh. Bagi para pencinta seni adalah tempat yang menarik untuk belanja, Pasar Sukawati ini banyak menjual kerajinan tangan, souvenir, pakaian khas Bali dan lain sebagainya.
Belanja Souvenir di Pasar Seni Sukawati via mentaribaliholiday.com
Pasar Seni Sukawati ini terletak di, Bila mau mengunjungi Pasar Seni ini dibuka mulai Puluk 08:00 WITA hingga pukul 18;00 sore.

15. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan ini terletak di Ubud, di Jalan Bangkiang Sidem, Kabupaten Gianyar, merupakan destinasi wisata alam yang menarik, jalan setapak sejauh 12 km di jalur di tepian hutan, sungai dan lembah yang rimbun akan membuat suasana liburan anda semakin menyenangkan di Bali.
Joging pagi di Bukit Campuhan via tempatwisatadibali.info
Pintu masuk Bukit Campuhan ini sama dengan gerbang menuju Ibah Villas & Suites, kemudian anda akan melihat papan yang tertulis "Going to the Hill" dengan arah panah. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi wisata alam di ubud ini adalah padaa saat matahari terbit atau mau tenggelamnya matahari. Yang menarik, di sepanjang perjalanan Bukit ini, anda bisa berjalan kaki, ataupun joging, bahkan bisa juga menggunakan sepeda. Untuk sepeda terdapat penyewaaan di beberapa Lokasi di Ubud.

16. Arum Jeram Sungai Ayung

Untuk pencinta arum jeram, Sungai Ayung salah satu destinasi yang favorite. Namun Arum Jeram Sungai Ayung ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan di Sungai Telaga Waja. Bila Sungai Telaga Waja yang memiliki karakter menantang andrenalin, sedangkan pada Sungai Ayung ini anda dapat menyaksikan keindahaan. Panorama di sekitar sungai Ayung ini begitu indah dan mempesona dengan patahan tebing di pinggirnya dan juga alam dan pepohonan yang hijau.
Lokasi Peta Arum Jeram Sungai Ayung :
Rafting arum jeram sungai Ayung via tempatwisatadibali.info

17. Wisata Tampak Siring

Wisata ini terletak di Kabupaten Gianyar, Bali yang lebih dikenal oleh wisatawan sebagai sebuah Pura yang bernama Tirta Empul. Pura Tirta Empul ini menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Di dalamnya terdapat pemandian dan sumber mata air. bagi Umat Hindu di sini, digunakan untuk pemandian dan memohon tirta suci.
Tirta Empul Temple via Hotels.com

18. Jatiluwih

Jatiluwih merupakan destinasi wisata alam di Bali. Di sini anda akan melihat keindahan persawahan yang luasnya ratusan hektar dengan background hutan hijau yang lebat dan gunung. Suasana yang asri, hawa sejuk dan pemandangan yang mempesona akan membuat liburan anda semakin menyenangkan dan pengunjung akan berdecak kagum.
Indahnya pemadangan di Jatiluwih via bali.bisnis.com
Wisata Jatiluwih ini terletak di Kabupaten Tabanan. Anda dapat mengendari motor atau mobil untuk ke sini yang berjarak kurang lebih 58 Km dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

19. Taman Ayun

Taman Ayun merupakan destinasi budaya yang terletak di Kecamatan Mengwi, kurang lebih berjarak 18 Km dari pusat Kota Denpasar. Taman ini adalah sebuah Komplek pura yang sangat besar, yang dibangun pada tahun 1634 oleh Raja Mengwi, I Gusti Putu Agung.
Warisan Kerajaan Mengwi, Taman Ayun via rentalmobilbali.net
Pada saat memasuki gerbang masuk, akan terlihat taman luas yang terawat dengan baik dan rerumputan hijau nan indah. Pura Taman Ayun ini dibangun dan didedikasikan untuk para leluhur dari Kerajaan Mengwi dan para Dewa penting lainnya.

20. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Singaraja. Letaknya kurang lebih 11 Km dari Pusat Kota Singaraja. Lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat dengan jalan raya utama yang menghubungkan Buleleng dan Wisata Bedugul.  Air Terjun Gitgit merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Bali, yang memiliki ketinggian 35 meter dan di sekitarnya banyak pepohonan yang hijau.
Air terjun Gitgit via teluklove.com

21. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun ini salah satu destinasi Favorite yang letaknya berdekatan dengan Pasar seni Sukawati. Salah satu pintu masuk ke air terjun ini berdekatan dengan Lokasi parkir Toko Oleh-oleh Krisna. Di lokasi air terjun tegenungan ini terdapat tulisan-tulisan menarik, salah satunya adalah papan nama yang bertuliskan “don’t worry be seksi, but no naked” seperti gambar di Bawah ini :
Air Terjun Tegenungan

22. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul memberikan keindahan alam yang luar biasa, dan beberapa wisatawan menyebut bahwa air terjun ini merupakan yang terindah di Bali, namun untuk sampai ke lokasi air terjun ini anda akan melakukan kegiatan trekking, menyeberangi sungai dan bebatuan yang licin. Air Terjun Sekumpul ini terletak di Desa Sekumpul, Kabupaten Buleleng. Dan apabila anda mau ke air terjun ini, disarankan untuk meminta jasa dan membayar penduduk lokal untuk memandu ke lokasi air terjun, terutama yang belum pernah sebelumnya ke air terjun Sekumpul.
Air Terjun Sekumpul via tempatwisatadibali.info

23. Air Terjun Kanto Lampo

Di lokasi air terjun ini, memberikan pesona alam yang indah dan udara yang sejuk. Selain itu anda dapat melakukan kegiatan, seperti mandi dan berenang. Di lokasi air terjun Kanto Lampo ini juga disediakan fasilitas ruang ganti pakaian dan warung. Air Terjun ini terletak di Desa Beng, Kabupaten Gianyar.
Air Terjun Kanto Lampo via instagram

24. Monkey Forest Ubud

Wisata Monkey Forest Ubud terkenal hingga mancanegara, yang terletak di Gianyar Bali. Setelah memasuki kawasan Wisata Monkey Forest, Wisatawan akan merasakan udara yang sejuk, pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Di Pintu masuk, terdapat pedagang yang menjual pisang untuk diberi makan si kera. Di sini banyak terdapat kera, dan beberapa pengawas yang sedang mengawasi tingkah laku kera. Untuk waktu yang tepat berkunjung ke Monkey Forest adalah pada saat sekitar pukul 14:00 WITA, karena pada jam-jam ini kera-kera sudah kenyang karena mendapatkan makanan dari pengunjung sebelumnya.
Monyet sedang loncat via paradiso.co.id
  • Locationhttps://goo.gl/maps/XLyydiU5qUq
  • Jam Buka : 08:30 sd 17:30 WITA
  • Tiket Masuk : Rp 50.000 / orang untuk dewasa dan Rp 40.000/orang untuk anak-anak umur 3 hingga 12 tahun. Untuk Parkir gratis bagi pengunjung.

25. Joger Bali

Pada saat akhir perjalanan ke Bali, jangan lupa untuk meyempatkan waktu ke Joger untuk membeli oleh-oleh khas Bali, seperti baju kaos dengan kata-kata unik khas Joger.  Kalau belum ke Joger rasanya belum ke Bali, sama halnya ketika anda belum mengunjungi Orchard Road, liburan di Singapura belum lengkap. Produk asli joger hanya dapat dibeli di Toko Joger di Bali. Harga produk joger bervariasi, misalnya untuk kaos yang memiliki rentang harga Rp 100.000 - Rp 250.000 tergantung dengan kualitas bahannya. Dan banyak lagi variasi oleh-oleh souvenir di Joger, ada sandal, gantungan kunci, tas dll. Jam buka Toko Joger di dua tempat, yang pertama di Kuta mulai buka pukul 08:00 WITA dan tutup jam 22:00 WITA, dan satu lagi Toko Joger di Jalan Mekarsari Luwus yang buka pada jam yang sama, yaitu pukul 08:00 WITA dan tutup pukul 18:00 WITA.
Beli oleh-oleh di Joger via rentalmobilbali.net
Sekian informasi mengenai Tempat Wisata di Bali selain Pantai versi bramawisata.com. Menarik untuk dijadikan daftar untuk berlibur di akhir pekan Anda.
Note : Harga Parkir dan Tiket masuk "Tempat Wisata di Bali Selain Pantai" di atas merupakan harga pada tahun 2018 (update bulan September 2018), dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.