Tips Traveling Murah

Tips Traveling Murah 


Saat ini traveling atau bepergian ke suatu tempat wisata merupakan bukan hal yang mewah lagi, sudah banyak perusahaan-perusahaan ataupun pihak yang menyediakan jasa paket traveling dengan harga yang murah. Selain itu dengan backpacker Anda juga akan menhemat biaya selama traveling.
Meskipun banyak cara untuk traveling dengan budget yang murah, namun bagi sebagian orang yang belum berpengalaman pergi sendiri ataupun mengikuti sebuah Open Trip dari pihak travel akan memiliki perasaan yang belum begitu percaya diri, namun dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips-tips backpacker, tentunya dengan trik untuk meminimalisir budget dan secara efektif mendapatkan apa yang kita inginkan dari sebuah perjalanan traveling.
Berpetualang via topi jelajah 

Sharing Cost

Tips yang pertama adalah sharing cost, dengan sharing cost tentunya kita dapat menghemat pengeluaran selama traveling. Sharing cost ini dapat dilakukan bersama teman ataupun dalam sebuah Open Trip. Misalnya, Anda berdua bersama teman Anda menginap di sebuah hotel pada saat traveling yang harganya permalam sebesar Rp 250.000, jadi kalau dibagi 2 jadi hanya membayar sebesar Rp 125.000/orang dan itu cukup menghemat biaya Anda dan teman tentunya. Namun ketika Anda sedang traveling sendirian bisa juga mengikuti sebuah Open Trip, ada banyak jasa travel yang menyediakan open trip di Indonesia khusunya, anda bias mencarinya di postingan-postingan instagram, salah satu contoh nya adalah instagram @ayokelilingindonesia. Biaya Anda ketika mengikuti sebuah Open Trip biasanya relative jauh lebih murah dibandingkan ketika Anda bepergian sendirian ke sebuah daerah tempat wisata. Misalnya, Open Trip Sailing Komodo, yang harganya berkisar 2-3 juta perorangnya.

Pililah Transportasi yang murah

Tips yang kedua adalah memilih transportasi yang murah. Salah satunya adalah jalan kaki, bahkan untuk beberapa orang yang niat mereka melakukan hitchhiking atau mencari tumpangan di pinggir jalan. Biasanya orang yang melakukan hitchhiking ini banyak mendapatkan tumpangan dari kendaraan jenis truck ataupun mobil jenis pickup. Itu adalah solusi untuk lebih murah, akan tetapi bila Anda memiliki modal meskipun relatif sedikit, cobalah untuk mengecek harga tiket pesawat misalnya, yang kadang waktu memberikan harga promo ataupun menggunakan tiket kereta Api yang subclass ekonomi. Yang penting dari semua jenis transportasi di atas adalah Anda tetap mengutamakan safety atau keselamatan selama perjalanan.

Homestay yang murah

Tips yang ketiga adalah akomodasi penginapan. Untuk di beberapa daerah wisata biasanya sudah banyak terdapat akomodasi yang murah, seperti hostel atau homestay yang murah. Misalnya di Bali saja banyak terdapat hostel yang harganya dibawah Rp100/malamnya. Kemudian bila anda memiliki seorang teman di sebuah daerah wisata, ini juga bisa menjadi alternative untuk dijadikan tempat  tumpangan menginap. Dan untuk makan, memilih makanan yang terjangkau, namun tetap memperhatikan dari segi hiegenis dan gizinya juga, sehingga Anda memiliki cukup energi untuk mengexplore sebuah tempat wisata. Pengalaman saya ketika traveling ke Bali dan menginap di sebuah rumah milik teman saya, dan ternyata orang-orang itu sangat menyenangkan sembari bisa bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Gambar di bawah ini adalah sebuah Desa di Bali, yang letaknya di Kaki Gunung Agung, tempat saya menginap di rumah seorang teman.
Background Gunung Agung

Disiplin Anggaran

Untuk berhasil ketika traveling dan anda memiliki budget yang pas, adalah sangat penting untuk menentukan anggaran. Misalnya dalam satu hari, saya harus menentukan batas maksimal saya mengeluarkan uang untuk semua kebutuhan pada hari itu, mulai dari akomodasi hotel, transportasi, makan dan tiket wisata. Pentingnya untuk selalu disiplin dengan anggaran yang ditentukan sehingga perjalanan travelingnya bisa berjalan selama waktu yang ditentukan. Dan jangan lupa juga untuk menyiapkan anggaran cadangan, yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan pada saat dibutuhkan.
Selain itu penting juga bersosialisai dengan baik ketika di sebuah tempat wisata dan berbuatlah kebaikan sekecil apapun pada saat perjalanan traveling. Menurut pengalaman saya ketika kita senang membantu orang lain, untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan, lalu saya juga sering bertemu dengan orang-orang baik pada saat perjalanan traveling. Traveling ini tentunya juga untuk memperluas pertemanan ataupun keluarga baru, sehingga alangkah baiknya kalau kita pinter-pinter beradaptasi di sebuah daerah yang sedang kita kunjungi sehingga suatu waktu akan memudahkan perjalanan kita.


Sekian postingan mengenai tips backpacker yang murah ketika traveling. Sebelum memulai perjalanan traveling mungkin wajar saja kalau menurut saya kita memiliki rasa ragu atau takut mengenai keuangan. Namun di saat itulah saya bisa belajar untuk mengatur keuangan dengan baik, bisa bertemu orang-orang baru dan menemukan banyak hal pelajaran yang tidak pernah didapatkan sebelumnya. Thanks